Berbagai Dampak Radang Gusi Kronis Bagi Tubuh

Radang gusi kronis merupakan peradangan yang terjadi pada daerah gusi yang disebabkan karena lapisan plak atau bakteri yang tertumpuk pada gigi. Pada dasarnya, radang gusi merupakan penyakit periodontal dan tidak menyebabkan kerusakan.

Tetapi, jika radang gusi ini tidak diobati secara maksimal, tentu saja dapat berkembang menjadi semakin parah. Dampak yang ditimbulkan dari radang gusi yang sudah kronis bisa sangat serius, bahkan menyebabkan kehilangan gigi.

Sebenarnya, radang gusi bisa sembuh dengan menjaga kebersihan mulut. Contohnya saja seperti menyikat gigi lebih sering serta lebih lama. Bukan hanya itu, obat kumur yang memiliki kandungan antiseptic juga bisa membantu seseorang mengatasi gangguan ini.

Pada kasus radang gusi yang masih ringan, biasanya pengidap tidak mengetahui dan tidak merasa jika sedang terserang radang gusi. Hal ini disebabkan karena gejala yang muncul sangat ringan, namun tentu saja gangguan ini harus sesegera mungkin ditangani.

Dampak Radang Gusi Kronis

Ada berbagai macam dampak yang ditimbulkan dari radang gusi yang sudah kronis, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

  1. Gusi bermasalah

Salah satu dampak dari radang gusi yang sudah kronis ialah gusi menjadi berwarna merah, bengkak dan lunak. Bukan hanya itu, saat peradangan terjadi, biasanya gusi akan berdarah, sehingga saat kamu membersihkan dan menyikat gigi, gusi akan meradang dan gigi lepas dari gusi.

  1. Terjadinya gangguan gigi

Dampak lain yang ditimbulkan oleh radang gusi yang sudah kronis ialah gangguan pada gigi. Hal ini disebabkan karena gigi serta gusi saling berkaitan erat antara satu dengan yang lainnya.

Bila terjadi masalah pada gusi, tentu saja gigi juga mengalami masalah. Nantinya, kamu akan merasa gigi menjadi lebih sensitive serta terasa sakit ketika mengunyah.

Bukan hanya itu, bila kamu menggunakan gigi palsu, gigi palsu yang dipasang tidak akan pas dan nyaman lagi di dalam mulut.

  1. Napas menjadi bau

Dampak lain dari radang gusi yang sudah kronis adalah napas menjadi bau tidak sedap. Hal ini dikarenakan gusi yang mengalami peradangan karena dipenuhi dengan bakteri, hingga akhirnya saat udara dari mulut keluar, akan tercium seperti bau yang kurang sedap.

Cara Mencegah Radang Gusi Kronis

Agar radang gusi yang kronis tidak terjadi, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya, antara lain:

  1. Menyikat gigi

Pastikan menyikat gigi dengan menggunakan teknik yang tepat, yakni membentuk sudut 45 derajat. Selain itu, kamu juga dapat menggosok gigi menggunakan gerakan yang memutar secara perlahan mulai dri permukaan gigi bagian luar hingga ke dalam.

  1. Gunakan obat kumur sesudah menyikat gigi

Sesudah menyikat gigi, kamu dapat menggunakan obat kumur. Obat kumur memiliki kandungan antiseptic yang bisa membunuh bakteri penyebab radang gusi. Pastikan menggunakan obat kumur secara teratur.

  1. Menghindari stress

Agar radang gigi tidak menjadi semakin parah, pastikan menghindari stress. Ketika stress, kadar hormone kortisol akan meningkat. Kondisi ini bisa membuat tubuh termasuk gusi akan mengalami peradangan.

  1. Memberisihkan gigi menggunakan benang gigi

Agar dapat memaksimalkan kebersihan sesudah menyikat gigi, kamu dapat menggunakan benang gigi. Benang gigi akan membersihkan sisa kotoran yang sukar dibersihkan dengan sikat gigi.

  1. Berhenti merokok

Jika sekarang ini kamu merupakan perokok, lebih baik berhenti merokok karena merokok bisa meningkatkan risiko radang gusi.

Bila radang gusi kronis semakin lama berubah menjadi semakin parah, pastikan untuk melakukan konsultasi ke dokter gigi spesialis agar mendapatkan penanganan terbaik.