Berbagai Macam Sparepart Mobil yang Harus Diganti Berkala

Saat memiliki mobil, melakukan kewajiban merawat kendaraan agar kondisi tetap prima menjadi hal yang harus dilakukan. Lebih-lebih jika Anda menggunakan mobil tersebut sebagai penunjang aktivitas harian.

Bukan hanya sebatas membawa mobil tersebut untuk service rutin saja, ada berbagai macam sparepart mobil yang harus diganti berkala, sehingga peforma mobil tetap prima.

Sparepart Mobil yang Harus Diganti Berkala

Berikut berbagai macam sparepart kendaraan yang harus diganti secara berkala, antara lain:

1. Filter udara

Pada dasarnya, filter udara bisa dibersihkan dengan cara melakukan service berkala. Sayangnya, tidak banyak pemilik kendaraan yang mengetahui bila suku cadang ini mempunyai batas usia.

Bahkan, sebelum masuk batas usia, peforma yang dimiliki filter udara biasanya sudah menunjukkan penurunan, dan menjadi tanda jika suku cadang harus sesegera mungkin diganti dengan part yang baru.

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, suku cadang ini mempunyai fungsi menyaring debu serta kotoran yang berasal dari luar sehingga tidak akan memasuki ruang bakar mesin. Dengan pembersihan rutin, secara otomatis dapat menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan.

2. Filter AC

Bukan hanya filter udara, sparepart mobil yang harus diganti secara rutin adalah filter AC. Bila filter AC tidak dibersihkan secara rutin, kinerja AC bisa terganggu dan tidak bisa menghasilkan udara dingin.

3. Busi kendaraan

Busi adalah suku cadang yang memiliki ukuran kecil tetapi memiliki peran penting untuk kinerja mesin. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan harus mengenai ciri busi yang sudah tidak layak pakai.

Hal ini disebabkan karena busi memiliki tugas mematik api agar nantinya terjadi pembakaran di ruang mesin. Bila busi mengalami kerusakan, hal ini akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Oleh sebab itu, saat melihat busi kendaraan kotor, pastikan untuk membersihkannya sehingga proses pembakaran akan berjalan dengan sempurna, sedangkan busi yang sudah masuk batas usianya, harus diganti sesegera mungkin dengan busi baru sehingga pembakaran akan optimal.

4. Oli mesin serta filter oli

Oli mesin serta filter oli menjadi suku cadang yang harus diganti dengan rutin. Lebih-lebih jika usia pakainya sudah cukup lama. Hal tersebut harus dilakukan karena kedua oli mesin memiliki peran untuk melumasi bagian dalam mesin serta menjaga komponen mesin.

Bahkan, pabrikan kendaraan bermotor memberikan saran pada pemilik untuk melakukan penggantian oli mesin jika sudah menempuh jarak 1000 km pertama saat membeli kendaraan baru.

Namun, untuk seterusnya, pemilik kendaraan disarankan melakukan penggantian oli mesin ini ketika sudah menempuh perjalanan 10.000 km.

Bila sekarang ini Anda sedang mencari sparepart mobil, salah satu toko yang banyak direkomendasikan adalah MobilKoreaPart.com. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam sparepart kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau dan lengkap.