Ikuti 3 Langkah Mudah Ini untuk Menginstall Windows 10 dengan Flashdisk

Bagi para pemula yang baru mencobanya, cara install windows 10 dengan flashdisk memang tergolong sedikit susah. Namun jika Anda mempraktekkan cara-caranya dengan benar dan tepat, hal tersebut tidaklah serumit yang dibayangkan.

Namun pada intinya, prosesnya hanya terdiri dari tiga proses yaitu pembuatan flashdisk bootable, setting BIOS, dan Install windows 10 untuk booting windows 10 dengan flashdisk yang sudah dirubah sebelumnya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut akan dipaparkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menginstal windows 10 dengan menggunakan flashdisk.

1. Buat Flashdik Bootable

Cara mengubah flashdisk menjadi bootable bisa dilakukan dengan menggunakan software khusus bernama Rufus. Untuk persiapannya, berikut ini cara menggunakan software Rufus untuk membuat flashdisk bootable:

  • Download dan Install Software Rufus

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mendownload dan menginstall software Rufus terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga Anda sudah memiliki file mentah Windows 10 dengan format .iso.

Setelah terinstal, maka letakkan software pada folder yang mudah ditemukan.

  • Buka File Mentahan Windows 10

Buka software Rufus yang telah diinstal lalu pilih file mentahan windows 10 dan buka dengan menekan tombol OPEN. Maka secara otomatis windows 10 akan diproses oleh Rufus.

  • Atur Drive dan Format Options

Langkah selanjutnya yaitu atur drive Properties. Caranya pilih Image option: Standard Windows Installation, Partition scheme: GPT, dan Target system: UEFI (non CSM)

Setelah itu atur Format Option, Volume Label: jangan diganti, File System: FAT32, Cluster Size: Default.

  • Mulai dan Tunggu Proses Bootable

2. Setting BIOS untuk proses Booting

Setelah Anda berhasil membuat flashdisk bootable. Maka langkah kedua yang harus dilakukan hanyalah melakukan setting BIOS agar proses booting dapat dilakukan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Hubungkan Flashdisk Bootable dengan PC/Laptop

Cara install windows 10 dengan flashdik bootable masih berlanjut dengan menghubungkan flashdisk bootable ke PClaptop. Ketika flashdisk sudah dimasukkan, maka restrat PC/Laptop Anda.

  • Lakukan Pengaturan pada BIOS

Setelah restrat, maka secara otomatis Anda tinggal melakukan pengaturan pada BIOS. Caranya yaitu dengan menekan tombol DEL (Delete). Setelah itu pergi ke opsi Boot untuk mengganti prosesnya menggunakan flashdisk bootable yang sudah terisi dengan file mentah dari windows 10.

Setelah masuk kedalam opsi Boot, maka Anda cukup mengganti opsi boot yang tersedia dengan nama flashdisk yang digunakan. Jangan lupa juga untuk men-Disable opsi Fast Boot.

  • Simpan Perubahan dan Restrat Laptop Kembali

Setelah langkah-langkah tadi berhasil dilakukan, maka langkah terakhir tinggal menyimpan perubahan dengan pergi ke opsi Save & Exit. Ketika ada permintaan konfirmasi, Anda tinggal memilih Yes.

3. Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Jika proses booting berhasil dilakukan, maka Anda hanya tinggal menunggu hingga logo windows 10 muncul di layar. Setelah itu atur settingan bahasa, dan proses install bisa langsung dilakukan.

Demikian cara instal windows 10 menggunakan flashdisk bootable yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.