Ini 4 Jenis Kabel USB yang Wajib Kamu Tahu!

sumber : Shopee.co.id

Benda apa yang selalu ada dalam tas kamu? Pasti salah satunya adalah Charger smartphone beserta kabel datanya bukan? Meski sepele namun kita tidak bisa sembarang bertukar atau meminjam cas smartphone orang lain, lho. Karena belum tentu cocok dengan port charger milikmu dan seringkali juga bisa merusak komponen smartphone kamu.

Lalu apa sih yang membuat kabel charger gadget kita tidak selalu cocok untuk saling dipinjamkan? Alasannya karena terdapat 4 jenis kabel cas yang berbeda dan masih dipakai sampai saat ini. Apa sajakah kira-kira jenis kabel charger tersebut? Bagaimanakah cirinya? Berikut kita ulas bersama.

1. Kabel Mini USB

sumber : Shopee.co.id

Jenis kabel cas pertama yang masih digunakan sebagai kabel untuk charger adalah kabel mini USB. Jenis kabel ini meskipun sudah cukup berumur namun masih sering ditemukan di feature phone atau gadget seperti kamera digital atau kamera DSLR. Ukurannya memang lebih kecil dari kabel USB hanya saja ukurannya juga lebih besar dari micro USB.

Kekurangan dari kabel jenis mini USB ini adalah membutuhkan ruang port yang lebih besar sehingga perangkat yang menggunakan cas dengan kabel jenis ini umumnya masih tebal dan juga berukuran besar. Tak heran jika jenis kabel ini mulai ditinggalkan, hanya perangkat elektronik produksi dulu saja yang masih memakainya.

2. Kabel Micro USB

sumber : Shopee.co.id

Jenis kabel selanjutnya yang banyak digunakan sebagai cas smartphone dan juga gadget lainnya adalah kabel micro USB. Kabel micro USB ini merupakan kabel yang paling umum digunakan saat ini. Ukuran colokannya lebih ramping dari mini usb sehingga ruang untuk port pengemasan di smartphone juga lebih ramping sehingga ukuran smartphone pun semakin tipis.

Kekurangan dari kabel micro USB ini adalah masih memiliki konsep atas bawah layaknya port USB dan Mini USB. Alhasil ketika kamu ingin mengecas perangkat, kamu harus melihat bahwa posisi lubang port sesuai dengan kabel cas yang akan kamu sambungkan. Akan sangat merepotkan apabila dilakukan dalam ruangan gelap.

3. Kabel Lightning

sumber : Shopee.co.id

Jenis kabel selanjutnya yang bisa kamu temukan adalah kabel Lightning. Jenis kabel ini hanya ekslusif untuk produk Apple saja sehingga kamu yang pengguna android akan kesulitan menggunakannya kecuali memiliki konektor tambahan atau converter. Kabel Lightning mengatasi kelemahan Micro USB yakni tidak memiliki bagian atas dan bawah sehingga lebih mudah dipakai.

Hanya saja untuk kelemahannya adalah kabel ini hanya bisa digunakan untuk perangkat Apple dan itupun perangkat Apple generasi tertentu, kecepatan transfer datanya pun semakin ketinggalan apabila dibandingkan dengan jenis kabel cas yang menjadi standar baru yakni USB Type C.

4. Kabel USB-Type C

sumber : Shopee.co.id

Jenis kabel selanjutnya uang menjadi standar saat ini untuk adalah USB Type C. Jenis kabel ini memiliki kelebihan seperti transfer data dan daya yang lebih cepat. Selain itu, kabel USB jenis ini juga menghilangkan kelemahan yang ada pada Micro USB sehingga lebih ringkas dan juga mudah dalam digunakan.

Kelemahan jenis kabel USB-Type C ini adalah pada harganya yang masih mahal. Tidak hanya itu saja, hanya smartphone dengan harga tertentu saja yang sudah mengadopsi jenis kabel yang satu ini dengan alasan perangkatnya yang juga mahal. Meskipun kabel jenis ini juga nantinya akan menyatukan dua kubu yakni Apple dan Android agar dapat saling meminjam kabel cas.

Itulah keempat jenis kabel yang masih digunakan sebagai kabel charger agar kamu tidak salah dalam membelinya.