5 Manfaat Kapulaga, Bantu Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah yang bermanfaat bagi kesehatan. Kapulaga berasal dari India sebagai bumbu dapur karena memiliki aroma khas.

Namun, selain menjadi penyedap masakan, kapulaga juga digunakan dalam pengobatan Ayirveduc sebagai pengobatan sariawan, masalah pencernaan, hingga mengatasi depresi. Terlebih, rempah-rempah yang satu ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

Di India dan Arab Saudi, kapulaga terkenal sangat baik untuk mengatasi kolesterol dan mencegah kanker. Sedangkan di Indonesia, kapulaga sering dijadikan sebagai bumbu masakan seperti sop kambing hingga soto Betawi.

Kapulaga merupakan ssalah satu jenis rempah yang dihasilkan dari biji tanaman keluarga Zingiberaceae atau yang lebih dikenal dengan jahe-jahean. Jenis kapulaga yang banyak ditemui di Indonesia adalah Amomum Compactum (kapulaga Jawa) dan Elettaria cardamomun (kapulaga india atau kapulaga sabrang).

Bedanya, kapulaga Jawa berwarna merah dan berbentuk bulat. Sedangkan kapulaga India berwarna kehijauan dengan tekstur berserat dan berbentuk lonjong.

Kendati berbeda, kapula sama-sama memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Sama seperti jahe-jahean, kapulaga mengandung berbagai zat baik guna mengatasi masalah kesehatan.

Berikut adalah manfaat biji kapulaga bagi kesehatan tubuh:

  1. Manfaat Kapulaga: Menjaga Kesehatan Kulit

Kapulaga bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Kapulaga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit seperti vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri guna menghambat kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat pembentukan keriput, dan mencegah penuaan dini.

Rempah ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencerahkan kulit. Kapulaga juga mengandung senyawa yang bersifat anti-bakteri dan antiseptik.

Di sisi lain, kapulaga memiliki kandungan yang mampu mengatasi masalah kulit lainnya, termasuk bisul. Bisul adalah salah satu masalah pada kulit yang menganggu aktivitas dan mengurangi rasa percaya diri.

Bisul bisa dialami oleh siapa pun, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bisul terjadi karena alergi makanan atau pola hidup kurang bersih. Namun Anda tak perlu khawatir karena bisul bisa disembuhkan secara cepat dan alami dengan menggunakan kapulaga.

  1. Manfaat Kapulaga: Menyehatkan Paru-Paru

Sebuah penelitian di Universitas Nitte di Mangalore, India, menemukan bahwa sumber minyak atsiri dalam kapulaga sangat efektif meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, kapulagai sudah banyak digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk pengobatan asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

  1. Manfaat Kapulaga: Mengatasi Masalah pada Gigi dan Mulut

Kapulaga kerap dijadikan obat tradisional untuk mengatasi bau mulut. Bahkan sebuah pabrik permen karet Wrigley menggunakan rempah-rempah ini pada salah satu produknya. Rempah-rempah tersebut memiliki kemampuan melawan bakteri pada mulut yang juga menyebabkan gigi berlubang.

Kandungan antioksidan dalam kapulaga juga terbukti ampuh mengobati sakit gigi. Selain menyegarkan napas dan menyehatkan gigi, kapulaga juga bisa meredakan sariawan dan radang tenggorokan lantan memiliki kandungan inflamasi atau peradangan.

  1. Manfaat Kapulaga: Melancarkan Pencernaan

Kapulaga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini merupakan salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang tinggi. Setiap satu sendok kapulaga mengandung 2 gram serat.

Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Rempah-rempah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi sakit perut, kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

  1. Manfaat Kapulaga: Menyehatkan Ginjal

Sebelumnya disebutkan manfaat kapulaga yang ampuh dijadikan sebagai obat sembelit. Ternyata selain sebagai obat sembelit, rempah ini juga ampuh untuk melancarkan buang air kecil. Kapulaga juga memiliki sifat diuretik yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal.

Salian itu, kapulaga dipercaya dapat mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan saluran kemih tentu akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli kapulaga yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan kapulaga serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!