5 Tips Memilih Laptop

Membeli barang elektronik memang tidak mudah. Harus banyak sekali berbagai pertimbangan, sama halnya dengan membeli laptop. Laptop yang seperti apa yang harus Anda beli pasti membuat Anda pusing. Tapi tenang, ada 5 tips memilih laptop yang akan mengulas apa saja yang harus Anda perhatikan ketika hendak ingin membeli sebuah laptop.

Dengan memperhatikan seperangkat kriteria yang harus dipertimbangkan, semoga Anda bisa menemukan laptop sebagaimana yang Anda butuhkan. Apa sajakah tipsnya?

Tips Memilih Laptop

Ada 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak membeli sebuah laptop, di antaranya adalah :

1. Pilih sesuai dengan size yang Anda inginkan

Laptop cenderung dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan ukuran diagonal layar mereka, dalam inci. Hal ini dikarenakan ukuran layar laptop juga menentukan ukuran keseluruhannya. Laptop dengan layar 17 inci yang besar akan sangat bagus untuk bekerja dan bermain game.

Laptop dengan ukuran 17 inci kemungkinan akan menampilkan keyboard berukuran yang layak untuk membuat Anda lebih nyaman dan mudah dalam mengetik lebih mudah.

Tetapi layar 17 inci akan jauh lebih besar dan lebih berat dari model 13 inci. Jadi perhatikan dengan detail manakah yang paling menjadi kebutuhan Anda? Layar 13 inci atau 17 inci?

2. Tentukan resolusi layar

Ukuran layar bukan segalanya, resolusi juga harus diperhitungkan. Resolusi minimum yang biasanya ditemukan dalam sebuah laptop adalah 1.366 x 768 piksel. Resolusi tersebut bagus untuk sebuah laptop yang diprioritaskan mengerjakan tugas besar.

Bahkan resolusi tersebut bagus untuk bekerja pada dua aplikasi berdampingan dengan banyak piksel terutama karena begitu banyak halaman web modern yang memformat ulang agar sesuai dengan ruang layar yang tersedia.

Pada laptop dengan layar yang lebih kecil, resolusi yang lebih besar tidak selalu berarti lebih banyak ruang. Ketika laptop memiliki jumlah piksel yang lebih besar di area kecil, sistem operasi harus meningkatkan semuanya, atau teks dan ikon akan terlalu kecil untuk dilihat dengan benar.

Tidak ada ruang yang lebih besar untuk aplikasi pada laptop 15 inci dengan layar 1.920 x 1.080 dibandingkan model 15 inci dengan layar 1.366 x 768. Namun, resolusi yang lebih tinggi berarti teks dan ikon akan jauh lebih lancar, dan karenanya lebih mudah dilihat.

3. Tentukan faktor desain

Sebagian besar laptop masih menawarkan desain tipe lama, dengan layar yang terlipat ke keyboard dan touchpad. Ada beberapa laptop yang hadir dengan desain baru dan menjadi tren. Ya, ada beberapa laptop yang desainnya masih mempertahankan bentuk tradisional tetapi menambahkan layar sentuh,

Nah, jika dengan desain layar sentuh maka Anda bisa mengerjakan tugas-tugas kreatif seperti menggambar atau membuat musik. Adapula laptop dengan desain layar sentuh yang dapat dilipat ke belakang keyboard, mengubah laptop menjadi tablet dan biasanya disebut 2-in-1.

Semua tergantung Anda untuk memilih desain laptop yang bagaimana. Apakah ingin yang desain biasa saja, layar sentuh atau bisa dilipat.

4. Perhatikan RAM dan prosesor

Jika Anda membeli laptop hanya untuk mengetik dan tidak begitu banyak mobilitas yang tinggi, maka Anda bisa memilih setidaknya RAM 4GB. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak tab peramban yang telah Anda buka sekaligus.

Jika Anda ingin mengedit video, idealnya Anda membutuhkan setidaknya 8GB. Kemudian untuk masalah prosesor, Anda harus membidik setidaknya prosesor Intel Core i3, yang akan dengan nyaman mengatasi penjelajahan web dan pekerjaan kantor, dan mempertimbangkan chip Core i5 untuk tugas-tugas yang lebih intensif seperti berurusan dengan gambar besar dan mengedit video.

Seperti itulah tips memilih laptop, semoga Anda bisa menemukan pilihan laptop yang Anda butuhkan sesuai dengan budget yang Anda miliki.