5 Jenis Tunjangan Karyawan yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Selain Gaji

Hari gajian adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh karyawan, baik bagi karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun di perusahaan maupun masih baru. Pada hari gajian pula banyak karyawan berharap jika jumlah gajinya bertambah, baik dari gaji pokok maupun tunjangannya.

Tiap karyawan berhak mendapatkan tunjangan dari perusahaan yang jumlahnya terbilang besar. Pemerintah membagi tunjangan karyawan menjadi dua, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap, di mana perusahaan juga berhak menentukan besaran dari tunjangan tersebut.

Nah berikut adalah jenis tunjangan yang bisa diperoleh tiap karyawan:

Tunjangan Hari Raya

Bisa dibilang tunjangan hari raya adalah tunjangan yang ditunggu tiap karyawan karena besarnya tunjangan sama dengan gaji pokok. Tunjangan hari raya hanya diberikan sekali tiap tahun menjelang hari raya.

Tunjangan ini diberikan ke tiap karyawan dengan harapan karyawan bisa merayakan hari raya bersama keluarga dan memenuhi kebutuhannya mengingat harga bahan pokok yang cenderung naik drastis menjelang hari raya.

Tunjangan makan siang

Berbeda dengan tunjangan yang disebutkan sebelumnya, tunjangan makan siang adalah tunjangan tidak tetap dari perusahaan. Perusahaan berhak menentukan apakah tunjangan ini diberikan berupa makan siang ataupun uang.

Tunjangan makan siang berupa uang akan diberikan 1 kali sehari dalam sebulan yang nantinya akan diakumulatif bersamaan dengan gaji pokok. Tentunya tunjangan makan siang akan lebih mudah dihitung dan hasilnya lebih akurat bila dihitung menggunakan software payroll Indonesia yang bisa diakses secara online.

Tunjangan pensiun

Adanya tunjangan pensiun dari perusahaan akan membantu karyawan untuk menyambung kehidupan di hari tuanya alias setelah pensiun. Sama seperti namanya, tunjangan pensiun hanya diberikan setelah karyawan tersebut sudah tidak bekerja di suatu perusahaan lagi.

Perusahaan pun bisa menunjuk berbagai badan asuransi yang berbeda untuk menjamin tunjangan pensiun tiap karyawannya. Pemerintah sendiri menyarankan peruahaan untuk menyalurkan tunjangan pensiun melalui BPJS Ketenagakerjaan yang memang sudah berpengalaman mengurus hal ini.

Tunjangan transportasi

Pemerintah memberikan tunjangan transportasi dengan alasan untuk memudahkan para karyawan menjangkau tempat kerjanya. Perusahaan pun bisa memilih akan memberikan fasilitas penjemputan bagi tiap karyawan atau memberi uang transportasi tiap harinya.

Tidak seperti tunjangan lainnya, tunjangan transportasi jumlahnya bisa berubah sesuai dengan kehadiran karyawan. Apabila karyawan tidak pernah absen selama sebulan, maka karyawan tersebut akan mendapatkan tunjangan transportasi secara penuh.

Tunjangan kesehatan

Satu lagi tunjangan karyawan yang tidak boleh dilupakan adalah tunjangan kesehatan. Bisa dibilang karyawan sangat diuntungkan dengan kehadiran tunjangan kesehatan karena biaya pengobatan biasanya akan ditanggung oleh perusahaan.

Tentunya ditanggung atau tidaknya biaya pengobatan karyawan tergantung pada asuransi kesehatan yang dipilih oleh perusahaan. Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya pada program BPJS Kesehatan mengingat asuransi kesehatan ini hampir menanggung semua biaya pengobatan karyawan.

Perusahaan pun bisa menghitung tunjangan kesehatan tiap karyawan dengan lebih detail menggunakan software payroll Indonesia.

Sekarang sudah lebih paham kan tentang jenis tunjangan apa saja yang bisa diterima oleh karyawan tiap bulan yang memang sejatinya wajib diberikan perusahaan? Menghitung tunjangan tiap karyawan akan lebih mudah dengan software payroll Indonesia terbaik, yaitu Payroll Bozz.

Payroll Bozz bukan hanya membantu Anda menghitung gaji, namun juga menghitung pajak supaya gaji yang diberikan ke karyawan benar-benar akurat. Selain lebih efisien, Anda juga lebih menghemat biaya karena data Payroll Bozz bisa diakses secara online melalui website maupun aplikasi sehingga Anda tidak perlu repot lagi mencetaknya.

Yuk segera urus penggajian perusahaan Anda bersama software payroll Indonesia dari Payroll Bozz!