6 Tips Mengatasi Flek Hitam

Flek hitam atau ephelis merupakan masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekitarnya.

Flek hitam disebabkan karena terjadinya peningkatan produksi melanin di kulit. Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit seseorang, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Flek hitam terjadi dikarenakan kulit menyerap sinar UV, sehingga terjadi peningkatan produksi melanin. Bagian kulit yang menyerap sinar UV terlalu banyak menyebabkan kulit timbul bintik-bintik hitam.

Flek hitam sendriri dapat terjadi pada semua orang dan segala usia. Beberapa faktor yang dapat menimbulkan flek hitam adalah, sering terpaparnya sinar UV dalam jangka waktu yang lama, memiliki kulit terlalu putih, dan faktor keturunan.

Flek hitam tidak berbahaya bagi kesehatan wajah, tetapi flek hitam dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya. Flek hitam dapat berkembang, berubah warna bahkan dapat menimbulkan rasa nyeri.

Untuk penanganan masalah flek hitam, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Gunakan sunblock

Penggunaan sunblock dengan SPF 30 dapat melindungi wajah dari radiasi sinar UV saat beraktifitas di luar ruangan.

  1. Gunakan krim pemutih

Krim pemutih biasanya mengandung hydroquinone yang berfungsi untuk menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap. Tetapi penggunaan hydroquinone dapat menyebabkan efek samping dan trauma pada kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

Sebaiknya Anda menggunakan produk dari MS Glow. MS Glow mengeluarkan produk whitening series yang berbahan ekstrak tanaman alami seperti centella asiatica, serta mengandung arbutin, dan kojic acid yang sangat aman bila digunakan dalam jangka panjang.

  1. Terapi laser

Terapi laser dapat mencerahkan dan mengurangi flek hitam karena dilakukan dengan sinar hijau atau sering disebut dengan green laser yang memiliki gelombang dan intensitas tertentu pada flek hitam.

  1. Terapi Cyosurgery

Terapi ini merupakan terapi yang menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah untuk membekukan sel kulit yang bermasalah, serta menghancurkan flek hitam. Perlu diketahui, tidak semua jenis flek hitam dapat ditangani dengan terapi ini.

  1. Gunakan dark spot serum

Salah satu serum andalan dari MS Glow yang mampu membuat wajah Anda tampak mulus dan bebas dari noda dan flek hitam. Memiliki kandungan melazero yang berfungsi sebagai pencegah iritasi, mencegah produk melanin sehingga kulit tampak cerah, memudarkan flek hitam, bekas jerawat, serta bekas luka dalam waktu singkat.

Kandungan niacinamide yang terkandung dalam MS Glow dark spot serum berfungsi menutrisi dan mencerahkan area kulit yang gelap, serta menyamarkan noda hitam. Serta kandungan DNAura yang berfungsi mengurangi produksi melanin oleh melanosit.