Mudah Kok, Ini 7 Cara Efektif Menghemat Listrik yang Bisa Kamu Coba!

Sumber: pinterest.com

Tak dapat dipungkiri jika tagihan listrik yang membengkak sering kali menjadi salah satu masalah bagi para ibu rumah tangga. Apalagi di masa pandemi ini yang membuat kita banyak beraktivitas di rumah dan menggunakan berbagai alat elektronik yang ada. Seperti penggunaan AC, TV atau komputer hingga berjam-jam lamanya dan alat elektronik tersebut merupakan faktor penyumbang besarnya tagihan listrik di rumah.

Kalau sudah begini, apakah kita perlu memakai alat penghemat listrik? Gak perlu kok! Ada sejumlah cara jitu dan simple yang bisa membantu kamu menghemat listrik di rumah. Nah, dibawah ini kami telah merangkum cara-cara efektif menghemat listrik yang pastinya gak susah buat dilakuin, yang terpenting punya niat untuk menjalankannya.

  1. Gunakan Listrik Token Menjadi Cara Paling Ampuh Menghemat Listrik

Sumber: tagihanlistrik.com

Penggunaan listrik token terbilang ampuh lho dalam menghemat listrik di rumah. Pemerintah telah menjalankan program listrik dengan pemakaian sistem pulsa di beberapa meteran listrik rumah warga. Cara ini memakai sistem prabayar, yang artinya besar kecilnya pemakaian listrik dapat ditentukan oleh kamu di awal penggunaan. Cara mengisi token listrik sendiri juga sangat mudah, bisa lewat minimarket terdekat, agen pulsa, mobile banking, hingga layanan pembayaran digital yang tersedia.

Dengan penggunaan sistem pulsa kayak gini, membuat kamu jadi lebih cermat lagi dalam memakai listrik dan berpikir ulang buat boros serta bijak memakai listrik sebab jika salah-salah listrik bisa mati. Tertarik untuk mencoba?

  1. Biasakan Cabut Kabel dan Colokan Listrik Setelah Selesai Digunakan

Sumber: pinterest.com

Terkadang kita seringkali lupa mencabut colokan kabel dari stop kontak setelah selesai digunakan. Contohnya, tidak mencabut colokan charger HP di stop kontak saat pengisian daya HP telah penuh. Padahal sebenarnya, saat mencolok alat elektronik ke listrik, daya listriknya masih terus mengalir. Tanpa disadari hal ini bikin listrik di rumah jadi boros. Maka dari itu, jika selesai digunakan, langsung cabut colokan alat elektronik tersebut untuk menghemat pemakaian listrik.

  1. Cermat Memakai AC

Sumber: pinterest.com

Penggunaan AC ternyata membutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar ketimbang alat elektronik lainnya. Makanya, jika digunakan terlalu lama alat elektronik ini akan membuat tagihan listrik membengkak. Oleh karena itu, bijaklah dalam memakai AC di rumah. Misalnya, cuma menyalakan AC saat ingin tidur di malam hari. Menggunakan timer 6-8 jam penggunaan AC selama tidur juga bisa jadi cara efektif lainnya agar AC tidak menyala terus sepanjang waktu dan bisa menghemat listrik.

Kalau ingin menyalakan AC di siang hari, ada baiknya atur suhu di angka 22-25 derajat celcius. Karena semakin rendahnya AC suhu yang diatur, mesin AC bakal bekerja dengan keras lagi dan memerlukan daya listrik lebih besar.

  1. Pakai Lampu Saat Dibutuhkan Saja

Sumber: pinterest.com

Beberapa dari kalian mungkin suka menyalakan lampu ketika siang hari atau pas lagi meninggalkan hunian. Sebetulnya ini termasuk kebiasaan buruk yang perlu ditinggali sebab listrik akan tetap berjalan, padahal alat elektronik tersebut tidak lagi dibutuhkan. Kalau memang gak benar-benar dibutuhkan, mendingan matikan lampu rumah jika ingin bepergian. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengandalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sebagai penerangan ketika siang hari. Jadi, kamu gak perlu menyalakan lampu di siang hari.

  1. Beralih Menggunakan Lampu LED

Sumber: pinterest.com

Jika kamu masih mengandalkan bola lampu biasa di rumah, maka inilah saatnya untuk beralih menggunakan lampu LED. Selain penerangannya yang maksimal, penggunaan lampu LED juga dapat menghemat energi listrik sampai 80-90% ketimbang lampu biasa yang berkapasitas watt sama. Alat elektronik ini juga lebih awet dan bertahan lama sampai 20 jam penggunaan, sehingga bikin lampu LED gak cepat rusak.

  1. Sebelum Tidur Matikan Sejumlah Barang Elektronik di Rumah

Sumber: pinterest.com

Menonton tayangan menghibur di televisi sebelum tidur memang sangat menyenangkan, namun pastikan kamu sudah mematikan perangkat elektronik yang ada di rumah sebelum beranjak tidur. Matikan beberapa barang elektronik seperti dispenser, televisi, dan sejumlah lampu yang ada di rumah supaya lebih hemat listrik.

  1. Gunakan Mesin Cuci Seperlunya

Sumber: pinterest.com

Kamu juga perlu membatasi pemakaian mesin cuci untuk menghemat daya listrik di rumah. Gunakanlah mesin cuci seperlunya saja dan memang lagi benar-benar dibutuhkan. Pasalnya, kapasitas mesin cuci yang makin besar akan membuat konsumsi listriknya makin banyak. Untuk itu, gunakan mesin cuci di saat-saat tertentu saja, atau kalau perlu kamu bikin jadwal mencuci pakaian di hari tertentu. Kalau ada waktu luang, kamu mungkin bisa mencuci pakaian dengan metode tradisional, yaitu menggunakan tangan seperti biasa. Cara satu ini bisa membantu kamu menghemat tagihan listrik di rumah.

Semoga bermanfaat!