Penggunaan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Air di Daerah-daerah

air bersih

Dana Desa menjadi salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan dan kesejahteraan warga masyarakat. Dana ini diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan serta kegiatan dengan skala besar.

Tentu saja tujuannya agar kualitas hidup masyarakat menjadi semkain meningkat serta menanggulangi dari kemiskinan. Prioritas dana ini dialokasikan untuk membiayai bidang pemberdayaan masyarakat.

Dana ini juga diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dasar, contohnya saja seperti pengembangan pos kesehatan, hingga mendukung ketersediaan air bersih yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Penggunaan Dana Desa Sebagai Pemenuh Kebutuhan Air Bersih

Berikut beberapa daerah yang menggunakan dana ini untuk pembangunan desa sehingga menjadi lebih inovatif, antara lain:

  1. Desa Jati Kulon

Desa Jati Kulon merupakan salah satu desa yang berlokasi di Kabupaten Kudus. Desa ini cukup mengundang perhatian karena berbagai macam inovasi yang dilakukan desa ini. Berbagai macam inovasi dimiliki desa ini.

Contohnya saja seperti pembangunan sumur resapan dengan menggunaan dana desa sehingga ketika musim hujan, air bisa langsung surut, padahal dulunya desa ini sering menjadi langganan banjir.

  1. Desa Citengah Lestari

Daerah lain yang juga memanfaatkan dana dengan baik adalah Desa Citengah Lesatari, desa ini mebangun destinasi wisata yang menjadi ikon dari Desa Citengah dengan nama Curug Gorobog.

Curug tersebut terdiri dari 3 tingkat air terjun serta dikenal sebagai uji kesaktian. Objek wisata ini tetu saja sangat menarik dikunjungi karena kebersihan dan lingkungannya yang terjaga dengan baik.

  1. Desa Doplang

Desa Doplang mampu menyulap sampah yang dimiliki menjadi berbagai macam barang yang berguna seperti tempat tisu, hiasan bunga, tas serta berbagai macam barang kerajinan lain.

Beberapa waktu belakangan ini, BUMDes juga memperoleh penghargaan juara pertama lomba melakukan inovasi sampah yang dirubah menjadi bangunan.

  1. Kampung Mataraman, Desa Panggungharjo

Desa Panggungharjo berlokasi di Sewon, Bantul. Lokasi dari desa ini di Selatan Yogyakarta, di sini, tanah desa digunakan untuk pengembangan pusat kuliner serta wisata edukasi. Kampung ini dikelola dengan baik oleh masyarakat lokal.

Pompa Air Tenaga Surya, Solusi Pemenuh Kebutuhan Air Bersih

Melihat berbagai macam contoh pemanfaatan dana khusus desa dari pemerintah di atas, tentu saja dana ini harus digunakan dengan baik. Salah satu pengaplikasiannya adalah pembuatan pompa air tenaga surya. Selain dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, pompa air tenaga surya juga minim perawatan, bahkan memiliki harga yang cenderung ekonomis dibandingkan dengan pompa air biasa.

Salah satu rekomendasi layanan pemasangan pompa air tenaga surya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Sanspower. Sanspower memiliki layanan premium yang akan memberikan suplai air bersih dan berkualitas dengan biaya terjangkau. Jadi, tunggu apalagi, hubungi customer service kami segera.