Pelajari Fitur di Whatsapp yang Berguna untuk UKM Berikut Ini

Whatsapp sudah terkenal sebagai aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone pasti terinstal whatsapp di dalamnya. Namun, tahukah Anda bahwa aplikasi ini bisa juga digunakan sebagai alat untuk penunjang bisnis? Ada beberapa fitur di whatsapp yang berguna untuk UKM. Fitur tersebut dapat ditemukan di whatsapp business. Cara mendaftar atau membuat akun WhatsApp Business sangat mudah, baca langkah-langkahnya di Sallyponchak.com.

Apa Itu Whatsapp Business

Whatsapp business merupakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk membantu seseorang dalam mengembangkan bisnisnya, baik UKM maupun perusahaan yang besar. Jadi, memang ada beberapa perbedaan dari whatsapp messenger yang biasa dipakai untuk chatting. Dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur yang dapat membantu Anda mengelola bisnis. Berikut ini adalah fitur-fitur tersebut.

Fitur Whatsapp Business

1. Whatsapp web

Fitur yang pertama adalah whatsapp web. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengakses whatsapp melalui komputer atau laptop. Hal ini akan sangat berguna jika Anda sudah memiliki team customer service. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengorbankan smartphone Anda untuk melayani customer.

2. Profil bisnis

Dengan fitur ini, para customer dapat mengetahui informasi mengenai bisnis Anda. Pada profil tersebut Anda bisa mencantumkan deskripsi bisnis Anda, lokasi, email, kategori, dan website. Customer yang baru maupun lama akan tetap bisa melihat informasi ini. Anda hanya perlu mengedit informasi satu kali saja.

3. Fitur pesan otomatis

Selanjutnya, whatsapp business memiliki fitur pesan otomatis. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi kerepotan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari customer Anda mengenai produk yang Anda tawarkan. Ada tiga jenis fitur yang bisa Anda gunakan.

Yang pertama adalah away message. Anda bisa mengaktifkan fitur ini ketika jam kerja sudah selesai atau toko sudah tutup. Dengan fitur ini, balasan otomatis akan terkirim. Kedua, greeting message. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk menyapa pelanggan baru. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk menawarkan produk baru pada semua pelanggan Anda.

Yang ketiga adalah quick replies. Mungkin Anda kerepotan jika harus menjawab banyak pertanyaan yang sama. Dengan fitur ini Anda bisa mengatur pesan apa saja yang kira-kira banyak ditanyakan oleh customer dan menyiapkan jawabannya. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi menjawab satu per satu pertanyaan yang sama.

4. Statistik Pesan

Fitur ini benar-benar berguna untuk memonitor perkembangan bisnis Anda. Dengan fitur ini ada bisa melihat statistik pesan yang masuk dan terkirim. Anda bisa mengamati pesan seperti apa yang lebih efektif untuk ditujukan kepada customer sehingga bisa menjadi bahan evaluasi.

Itulah tadi beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis Anda. Maksimalkan fitur-fitur tersebut agar dampaknya juga lebih terasa. Melihat potensi bisnis online yang semakin lama semakin berkembang, bukan tidak mungkin akan muncul fitur-fitur tambahan lainnya suatu saat nanti. Anda harus siap untuk selalu belajar.