Rekomendasi Makanan Penambah Darah Bagi Ibu Hamil

Rekomendasi makanan penambah darah bagi ibu hamil menjadi hal yang penting diketahui sekaligus diikuti. Ketika hamil, Anda mungkin akan mengalami anemia. Saat menderita anemia, tubuh tidak akan mempunyai jumlah sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen pada jaringan tubuh serta janin.

Selama kehamilan, tubuh akan membuat lebih banyak sel darah merah sehingga akan cukup untuk sang ibu serta bayi di dalam kandungan. Setiap setiap sel darah merah pada dasarnya membutuhkan zat besi, sayangnya zat besi tidak bisa dibuat oleh tubuh serta harus diserap dari makanan yang dimakan.

Ketika kehamilan terjadi, mengalami anemia ringan merupakan hal yang normal terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya akan menderita anemia yang parah bila kadar zat besi atau vitamin lain tidak cukup.

Rekomendasi Makanan Penambah Darah Bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa pilihan makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi oleh ibu hami, antara lain:

  1. Sayur hijau

Zat besi begitu diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Agar memiliki banyak zat besi, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan zat besi seperti sayuran daun hijau.

Sayuran yang memiliki daun hijau ini seperti brokoli, bayam, kangkung serta sawi. Makanan ini juga bisa membangun ketahanan pada stress serta penyakit, selain itu bisa menghindari kelemahan tubuh, depresi dan cepat marah.

  1. Unggas, daging merah dan ikan

Makanan penambah darah yang lainnya adalah unggas, daging, serta ikan. Makanan ini bukan hanya menyediakan zat besi yang bisa terserap dengan baik namun juga bisa merangsang penyerapan bentuk non-heme.

Pada beberapa penelitian membuktikan bila konsumsi sapi, ayam, daging dan ikan menghasilkan 2 hingga 3 kali penyerapan zat besi yang diperlukan sebagai pembentuk sel darah merah.

  1. Jeroan

Jeroan atau bagian dalam hewan seperti jantung, hati dan otak memiliki kandungan zat besi dengan jumlah tinggi. Contohnya saja dalam 100 gram hati sapi memiliki kandungan zat besi hingga 6,5 miligram, angkla tersebut sudah memenuhi hingga 36% kebutuhan asupan harian. Sedangkan hati sapi memiliki kandungan zat besi hingga 15.6 miligram.

  1. Seafood

Seafood seperti tiram dan kerang juga sangat kaya dengan kandungan zat besi, bahkan 100 gram kerang memiliki kandungan zat besi hingga 28 miligram atau 155% kebutuhan harian. Namun, perlu diketahui kandungan zat besi yang dimiliki kerang begitu beragam serta tidak semua jenis kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

  1. Sereal, kacang serta biji-bijian

Saat ini, beberapa jenis sereal memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Ada begitu banyak jenis sereal di pasaran yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Bukan hanya sereal, biji serta kacang-kacangan juga memiliki kandungan zat besi sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.

  1. Makanan dengan kandungan asam folat tinggi

Untuk melawan anemia, rekomendasi makanan penambah darah bagi ibu hamil yang lainnya adalah makanan dengan kandungan assam folat tinggi. Makanan yang tinggi kandungan asam folat seperti roti, kacang polong, kangkung dan berbagai makanan lainnya.

  1. Makanan tinggi vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat memicu gejala anemia. Bahkan, kurangnya vitamin A bisa menyebabkan penyerapan zat besi menjadi kurang sempurna, sehingga bisa mempengaruhi produksi sel darah merah. Sehingga, makanan penambah darah yang bisa Anda pilih seperti makanan yang tinggi kandungan vitamin A seperti wortel, tomat, hingga ubi jalar. Selain mengkonsumsi rekomendasi makanan penambah darah bagi ibu hamil di atas, disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung tannin seperti kopi, sorgum, the hijau dan jagung karena dapat membuat penyerapan zat besi menjadi terhambat.