Kriteria Memilih Lem Pipa PVC yang Bagus

Pipa yang paling banyak digunakan pada hari ini adalah pipa berjenis PVC yang cara penyambungannya jauh lebih mudah ketimbang pipa air dari besi. Pipa PVC terbuat dari material plastik yang cara penyambungannya hanya membutuhkan lem pipa untuk membuat satu rangkaian utuh saluran air. Meski terdengar mudah, namun tidak semua lem dapat digunakan sebagai penyambung pipa.

Apabila salah memilih, maka bisa – bisa pipa PVC justru tidak menyambung dan mudah lepas. Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kriteria apa saja yang tepat dalam memilih sebuah lem pipa.

Kriteria untuk Memilih Lem Pipa yang Bagus

Ada beberapa kriteria penting yang menjadi indikator bagus tidaknya sebuah merk lem untuk pemipaan PVC. Berikut adalah kriteria penting yang harus Anda perhatikan:

1. Efisien

Lem yang bagus artinya Anda tidak membutuhkan lem dalam jumlah besar hanya untuk menyambungkan antara pipa. Banyak menggunakan lem untuk menyambung pipa tidak bisa menjadi jaminan bahwa hasil sambungan dapat merekat dengan baik atau tidak. Lem yang bagus justru adalah lem yang dapat merekatkan sambungan pipa dengan baik meski hanya menggunakan lem dalam jumlah sedikit.

2. Tahan Lebih Lama

Lem yang tahan lama adalah lem yang memiliki kemampuan dalam melakukan reaksi solvent cement antara pipa serta sambungan PVC. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran di kemudian hari yang tentunya akan merepotkan. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk mencoba memeriksa apakah sambungan yang dihasilkan antara lem dengan pipa PVC merekat dengan sangat kuat.

3. Dapat Merekat dengan Sempurna

Syarat penting bagi sebuah lem pipa adalah kemampuannya yang dapat merekatkan antar sambungan pipa dengan sempurna. Lem dengan kemampuan merekat secara sempurna sangat dibutuhkan utamanya untuk penyambungan pipa baru serta untuk mengatasi kebocoran pipa. Oleh karena itulah sangat penting bagi Anda untuk memastikan apakah lem dapat merekatkan antar sambungan dengan sempurna atau tidak.

Pemilihan Lem Pipa Berdasarkan Kebutuhan

Pemilihan lem untuk pipa harus didasarkan kepada kebutuhan atau penggunaan pipa tersebut. Berikut adalah pertimbangan yang dipikirkan ketika memilih lem untuk pipa berdasarkan tujuan penggunaan pipa.

1. Untuk Memperbaiki Pipa

Jika lem digunakan untuk perbaikan pipa, maka harus dilihat terlebih dahulu kerusakan pada pipa tersebut apakah karena adanya retak atau lubang ataukah karena pipa rusak akibat sambungan yang lepas. Apabila pipa rusak karena antar sambungan yang putus gara – gara lem yang tidak kuat saat digunakan, maka itu artinya Anda salah memilih merk lem.

2. Untuk Proyek Besar

Jika pipa digunakan untuk kebutuhan proyek berskala besar, maka lem adalah salah satu bagian yang harus sangat diperhatikan. Pasalnya, pipa untuk proyek besar biasanya digunakan untuk bangunan seperti gedung bertingkat, mall dan lainnya yang akan terpapar panas serta hujan. Oleh karena itu dibutuhkan lem yang sangat bagus.