Pengertian Proper Noun dan Contohnya

bahasa inggris

Proper noun dan juga common noun adalah dua hal yang sering membuat bingung. Kedua kata benda ini pada dasarnya hampir sulit untuk dicari perbedaan. Namun, jika Anda ingin menguasai skill berbahasa Inggris, maka Anda harus mengetahui perbedaan antara kata benda yang khusus umum.

Jika Anda bingung, bagaimana nantinya menjelaskan perbedaan antara proper nouns dan common nouns. Inilah sebabnya, Anda harus bisa mengetahui perbedan di antara keduanya. Apa ya yang membuat proper nouns dan common nouns itu berbeda?

Pengertian Proper Noun

Proper noun adalah nama orang, tempat, atau benda yang dituliskan secara khusus, jelas dan tidak abstrak. Biasanya propper noun didahului dengan huruf yang kapital. Sebagai contoh Ana, Magelang, Januari dan sebagainya. Adapun contoh kalimat yang menggunakan proper noun sendiri adalah :

  1. Faris is one of the best player in football team.
  2. Tangsi in Flores is known as a pink beach
  3. I buy shoes in Ciputra Mall

Nah, Faris, Tangsi dan Mall Ciputra adalah contoh dari beberapa kata benda yang khusus

Pengertian Common Noun

Kebalikannya dari propper noun tentu saja adalah common noun. Perbedaan common dan proper noun bisa dilihat dari definisinya karena proper noun sendiri merupakan nama umum seseorang, tempat, atau benda yang masih general. Sebagai contoh the boy, the neighbors, the boss, car, table dan sebagainya. Adapun contoh kalimat dengan common noun adalah :

Dimana gadis, kota dan mobil adalah kata benda umum.

  • That little boy is very cute
  • I buy a new bag

This city is very comfortable

Nah, kata ‘boy, bag dan city’ adalah kata benda umum.

Lalu bagaimana membedakan antara proper noun dan common noun? Untungnya, jawabannya sederhana. Kata benda yang tepat dikapitalisasi dan kata benda umum tidak. Misalnya, ketika “Mom” dan “Dad” digunakan sebagai pengganti nama seseorang, keduanya menggunakan huruf besar. Ketika “Mom” dan “Dad” menggambarkan hubungan orang tua yang umum, mereka menggunakan huruf kecil.

Sampai di sini, masihkah ada yang dibingungkan dengan propper noun seperti apa dan common noun bagaimana? Kalau masih ada yang dibingungkan, maka Anda bisa kursus segera di EF English Center!