Listrik Sering Padam? Mungkin Ini Penyebabnya

Listrik menjadi salah satu hal yang penting dan sangat dibutuhkan oleh banyak orang, untuk itu pemadaman listrik yang sering terjadi akan berpengaruh terhadap kegiatan banyak orang. Mulai dari kegiatan rumah tangga hingga perkantoran. Untuk itu, wilayah perkantoran dan industri biasanya memilih menggunakan genset indonesia untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada pemadaman listrik.

Pemadaman listrik memang menyebalkan dan menghambat banyak kegiatan. Tapi, kamu juga harus tahu apa penyebab dari pemadaman listrik tersebut. Bisa jadi, pemadaman listrik ini hanya terjadi di rumah kamu karena ada masalah pada listriknya. Berikut ini beberapa penyebab pemadaman listrik yang perlu kamu ketahui.

  1. Power surge

Jika ada voltase yang baik secara tiba-tiba dalam waktu singkat, maka kamu perlu khawatir. Sebab, biasa jadi ada petir yang menyambar aliran listrik rumah kamu atau beban listrik di rumah kamu yang cukup besar. Segera matikan beberapa alat elektronik agar power surge bisa kembali seperti semula. Terjadinya power surge juga bsia berdampak pada kerusakan peralatan listrik, lho

  1. Power failure

Gangguan listrik juga bisa terjadi jika ada sumber listrik utama yang mati. Jangan sampai ada perlengkapan elektronik di rumah kamu yang masih tercolok atau beroperasi saat listrik mati. Gangguan ini dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik kamu. Beberapa penyebab mati lampu yag diakibatkan oleh power failure adalah pemadaman bergilir, beban berlebih, dan hubungan arus pendek.

  1. Under voltage

Under voltage adalah kondisi yang kurang baik pada tegangan listrik. Kejadiannya bisa hanya beberapa menit saja atau berhari-hari. Sama halnya dengan gangguan listrik lainnya, kondisi ini bisa membuat alat elektronik di rumah rusak.

  1. Over voltage

Kondisi ini menyebabkan listrik padam di rumah karena tegangan listrik yang melewati batas normal dalam kurun waktu lama. Sering juga terjadi sesekali saja atau bisa jadi setiap hari. Over voltage bisa membuat alat-alat elektronik di rumah kamu menjadi panas dan komputer bisa saja rusak sehingga mengenaik hardware komputer yang bisa menghilangkan data-data yang ada.

Di rumah, ada beberapa peralatan elektronik yang membutuhkan tegangan listrik tinggi maupun rendah, di sinilah pentingnya menggunakan trafo. Bahkan, agar trafo dapat bekerja secara optimal, alat tersebut harus tetap dirawat. Untuk itu, jasa treatment trafo sangat dibutuhkan agar trafo dapat bekerja secara optimal.