Perbedaan Adobe Lightroom dan Lightroom Classic

Adobe Lightroom sendiri merupakan salah satu aplikasi atau software yang bisa Anda gunakan untuk editing dalam bidang fotografi. Aplikasi keluaran Adobe ini juga terkenal di kalangan fotografer selain Photoshop. Bahkan Lightroom dinilai lebih unggul dalam bidang kecepatannya sehingga, Lightroom mampu memberikan kemudahan dalam pengelolaan gambar batch – process.

Aplikasi Adobe ini sendiri memiliki dua versi, ada Lightroom dan Lightroom Classic. Kedua versi ini tentunya memiliki perbedaan yang mendasar dalam melakukan fungsi editing terhadap karya hasil fotografi. Setelah mengetahui perbedaannya, Anda bisa memutuskan apakah akan tetap menggunakan versi lama atau mengupgrade versi terbaru.

Lightroom Direkomendasikan Untuk Fotografer dengan Mobilitas Tinggi, Sedangkan Lightroom Classic Untuk Fotografer Profesional

Lightroom terus melakukan pengembangan dan semakin banyak menambahkan fitur yang sangat membantu, terutama dalam proses editing foto bagi fotografer yang sudah profesional. Gambar hasil editing akan secara otomatis tersimpan dalam Creative Cloud Adobe, sehingga Anda tidak perlu khawatir hasil editing Anda akan hilang ketika lupa menyimpan hasil kerja.

Dengan menggunakan Lightroom, Anda tidak perlu harus mengimpor file dari komputer ke perangkat keras lainnya atau ke ponsel Anda. Sebab versi Lightroom yang baru ini bisa Anda akses melalui ponsel dengan menginstal aplikasi Lightroom dan tinggal masuk ke bagian Creative Cloud Adobe. Anda pun dapat melanjutkan editing dengan ponsel di mana saja pada waktu kapan saja, sehingga mendukung kerja Anda menjadi lebih fleksibel.

Hal tersebut tentu belum bisa Anda nikmati jika menggunakan Lightroom Classic karena kerja editing Anda akan dikontrol ketat. Gambar hasil editing tidak bisa tersimpan otomatis di Creative Cloud, sehingga Anda harus sering menyimpan hasil kerja editing supaya tidak hilang atau kerja sia-sia. Namun secara fitur, bagi yang sudah terbiasa, masih enak editing dengan Lightroom Classic.

Beberapa fitur yang ada pada Lightroom Classic dihilangkan pada versi Adobe Lightroom. Sehingga bagi yang sudah terbiasa, lebih memilih atau juga menggunakan versi Lightroom Classic. Keuntungan lainnya adalah dengan penyimpanan manual pada Lightroom Classic, Anda akan lebih berhati-hati dan bisa diakses tanpa menggunakan jaringan.

Lightroom Classic juga unggul dalam batching gambar dengan tools yang mumpuni. Hal tersebut tentu tidak bisa Anda lakukan melalui versi Lightroom karena tidak memungkinkan untuk mengedit beberapa gambar sekaligus, apalagi bagi fotografer yang memiliki mobilitas tinggi dan perlu melakukan pengeditan dengan cepat.

Kelebihan dan Kekurangan pada Lightroom dan Lightroom Classic

Lightroom Classic lebih unggul dengan memiliki tools yang lebih mumpuni dalam editing lanjutan. Versi ini juga lebih direkomendasikan ketika membuat album dengan metadata, membangun slideshow, membuat cetakan gambar, dan memiliki lebih banyak opsi ketika melakukan ekspor gambar.

Hanya saja, versi Lightroom Classic tidak direkomendasikan bagi fotografer amatir, karena dibutuhkan proses belajar yang lama. Selain itu, versi ini juga tidak bisa mengembalikan data asli ke Creative cloud.

Sedangkan versi Adobe Lightroom lebih fleksibel dalam penggunaannya karena dapat terhubung dengan ponsel Anda. Versi yang ini sangat direkomendasikan bagi para fotografer pemula yang masih belajar menggunakan aplikasi editing Lightroom. Hal tersebut karena Adobe Lightroom lebih mudah dipelajari karena memiliki organisasi yang lebih sederhana serta alat pembelajaran yang terintegrasi.

Versi Adobe Lightroom juga memiliki tools pencarian otomatis serta penyimpanan otomatis ke Cloud. Namun, jika Anda menggunakan versi Adobe Lightroom, pilihan impor maupun ekspor gambarnya lebih sedikit. Selain itu, versi ini memiliki watermark hanya dalam bentuk teks.

Langganan Adobe Creative Cloud Harga Terjangkau

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia kreatif dan membutuhkan software seperti Adobe Lightroom, maka tidak ada salahnya jika Anda juga sekalian membeli bundling langganan Adobe Creative Cloud. Anda bisa mendapatkan Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, dan software Adobe lainnya.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga langganan Adobe CC ini. Ada IDCopy yang bisa memberikan diskon hingga 80% untuk langganan Adobe CC All Apps durasi setahun. Anda cukup membayar 2,4 juta saja dari harga normal 8 juta. Penasaran dengan penawaran ini? Anda bisa cek di halaman promo diskon 80% Adobe CC ini atau langsung tanya-tanya via nomor WhatsApp IDCopy di 0899-1111-657. Customer Service-nya ramah kok.