Review Nissan X-Trail T32 Tahun 2014-2020

Nissan X-trail sebagai SUV monokok buatan Nissan kini meninggalkan kesan boxy nya yang diusung X-trail mulai dari generasi pertama T30 dan generasi kedua T31. Kini X-Trail di generasi ketiga atau Nissan X-Trail T32 memliki desain yang lebih dinamis dan moderen.

Di Indonesia sendiri Nissan X-Trail generasi ketiga T32 ini baru mulai dipasarkan pada tahun 2014. Pada X-Trail generasi ketiga atau Nissan X-Trail Gen 3 ini, ubahan total dilakukan dari sisi eksterior dan interior.

Sama halnya dengan generasi terdahulu, X-Trail T32 dibekali dengan 2 pilihan mesin, yaitu 2.0 liter dan 2.5 liter yang bertenaga dan menggunakan penggerak roda depan. Nissan X-Trail menjadi rival yang berat bagi pesaingnya di kelas SUV monokok yaitu Honda CRV, Hyundai Tucson dan Santa Fe, KIA Sportage dan Sorento, serta Mazda CX-5.

Pada kapasitas mesin Nissan X-Trail T32 ini masih sama dengan generasi terdahulu yang dibekali dengan 2 pilihan kapasitas mesin, yaitu 2.0 liter dan 2.5 liter. Begitu pula dengan mode penggerak masih menggunakan FWD (Front Wheel Drive) atau penggerak roda depan.

Kesan mengotak pada generasi sebelumnya telah berganti, kini desainnya berlekuk. Memberi kesan dinamis tetapi tidak menghilangkan kesan gagah pada mobil ini. Desain lampu utama dengan sisi-sisi tajam, serta penggunaan lampu model proyektor dan DRL model LED. Gril juga berubah total. Bentuknya kini jauh lebih modern, dengan garnis krom berbentuk V di bawah emblem.

Dibalik eksteriornya berkesan tangguh, pada bagian interior, Nissan X-Trail T32 sangat kental dengan nuansa mewah. Kualitas material interiornya terlihat sangat bagus dan mewah, jauh dari kesan murahan. Bentuk bodi yang bongsor berdampak pada luasnya ruang interior. Ruang lutut dan kepala untuk baris pertama dan kedua cukup luas, sayangnya pada baris ketiga hanya layak untuk diisi anak-anak.

Dashboar Nissan X-Trail T32 diusung dengan lekukan halus dengan skema warna two-tone dan terlihat sangat mewah dan futuristik. Dibekali juga Head Unit berukuran cukup besar untuk mengakomodasi fitur Around View Monitor, yaitu fitur yang menampilkan keadaan 360 derajat di sekitar mobil yang dibantu dengan empat kamera untuk melihat ke segala arah yang dikendalikan dari screen Head Unit. Stir sudah mengadopsi tilt dan teleskopik untuk mengatur posisi yang paling nyaman dalam mengemudi.

Pada bagian mesin Nissan X-Trail T32 dibekali dengan dua pilihan mesin sebagai jantung pacunya, yaitu MR20DD 2.0 litre Dual CVTCS yang dikawinkan dengan transmisi manual/CVT dan QR25DE 2.5 litre Dual CVTCS yang dikawinkan dengan transmisi CVT. Mesin Nissan X-Trail terkenal buas, mesin 2.0 mampu menelurkan tenaga 144 PS pada 6000 rpm, sedangkan mesin 2.5 mampu menelurkan tenaga 171 PS pada 6000 rpm.

Untuk mendapatkan informasi dan pembahasan lebih lengkap dari mobil Nissan X-Trail T32 ini, bisa mengunjungi https://infomobilbekas.com/nissan-x-trail-generasi-ketiga-t32-2014-2020/