Ketahui Syarat dan Cara Monetisasi Blog

monetisasi blog

Saat ini ada banyak orang yang memiliki blog di internet. Baik blog pribadi ataupun blog umum, banyak yang memanfaatkannya untuk bisa mendapatkan penghasilan. Dalam artikel berikut Kita akan membahas tentang syarat dan cara monetisasi blog untuk dapatkan penghasilan.

Daftar Isi

1. Apa itu monetisasi blog?

2. Syarat monetisasi blog yang mudah dan cepat

3. Cara monetisasi blog yang sukses

Apa Itu Monetisasi Blog?

Monetisasi blog adalah sebuah upaya untuk menjadikan blog yang dikelola bisa menghasilkan uang. Anda bisa menjadikan blog yang dikelola bisa memberikan penghasilan uang yang lumayan dengan melakukan beberapa cara dan syarat untuk melakukannya.

Syarat Monetisasi Blog yang Mudah dan Cepat

Jika Anda ingin membuat blog bisa menghasilkan uang maka harus mengetahui apa saja syarat untuk melakukan monetisasi pada blog tersebut.

a). Konten blog menarik, original dan berkualitas

Anda harus bisa membuat sebuah konten yang akan diposting dalam blog yang menarik, unik, asli dan berkualitas. Sehingga blog Anda pun berpeluang untuk bisa mendapatkan pengunjung blog yang banyak.

b). Minimal usia blogger adalah 18 tahun

Ada syarat dimana blogger harus berusia minimal 18 tahun agar supaya lebih mudah dalam hal administrasi, dan juga lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pengunjung blog.

c). Memiliki pengunjung yang banyak

Pihak Google juga menetapkan syarat sebuah blog bisa lolos daftar Google Adsense hanya jika memiliki traffic pengunjung yang memenuhi syarat. Dimana kurang lebih ada sekitar 250 pengunjung unik yang datang di blog Anda. Pengunjung unik adalah pengunjung yang berbeda setiap harinya.

d). Tidak pernah upload konten dewasa atau yang dilarang

Syarat yang terakhir adalah dimana blog yang Anda kelola tidak pernah upload konten dewasa atau jenis konten yang dilarang oleh pemerintah. Seperti misalnya konten yang memiliki muatan bernuansa SARA dan lainnya.

Cara Monetisasi Blog yang Sukses

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara untuk melakukan monetisasi blog yang sukses.

  • Menjual produk fisik atau non fisik (digital)

Anda bisa menjual produk di blog Anda kemudian mempromosikannya secara online. Produk bisa berbentuk fisik atau digital sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

  • Menjadi freelance writer

Kemudian cara yang kedua adalah dengan menjadi seorang penulis lepas. Anda bisa menawarkan jasa Anda atau memposting tulisan Anda di halaman blog yang Anda kelola.

  • Menyewakan ruang blog untuk iklan

Jika blog yang Anda kelola sudah memiliki banyak pengunjung, maka Anda akan bisa mendapatkan tawaran dari perusahaan yang ingin menyewa ruang di halaman blog Anda untuk iklan produk mereka.

  • Menawarkan jasa konsultasi

Beberapa blogger juga memiliki layanan untuk memberikan jasa konsultasi dengan jenis yang berbeda-beda sesuai keahlian mereka. Layanan ini bahkan bisa memiliki banyak peminat terutama jika Anda membuka jasa konsultasi yang dibutuhkan banyak orang seperti bidang hukum misalnya.

  • Membuat ebook

Cara untuk melakukan monetisasi pada blog yang selanjutnya adalah dengan cara membuat ebook. Banyak blog yang sukses dengan menjual blog sesuai dengan keahlian yang mereka miliki.

  • Memakai layanan Google Adsense

Blog juga akan lebih maksimal untuk melakukan monetisasi jika menggunakan layanan Google Adsense. Meski untuk menggunakan layanan tersebut pengelola blog harus mendaftarkan blog di Google Adsense yang tak mudah untuk dilalui.

  • Menawarkan kursus online

Anda juga bisa melakukan cara monetisasi blog yang terakhir dengan cara memberikan tawaran untuk kursus atau pelatihan secara online. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, tentunya layanan tersebut akan sangat diminati oleh masyarakat masa kini. Sekian info tentang syarat dan cara monetisasi blog yang bisa Kami bagikan pada Anda.