Tips Membuat Product Roadmap dengan Baik

Product roadmap menjadi salah satu hal yang mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar, lebih-lebih jika kamu menjadi bagian dari tim marketing. product roadmap sendiri merupakan perencanaan yang menggambarkan seperti apa nantinya produk berkembang ke depannya.

Umumnya, tips membuat product roadmap ini sangat penting dipelajari oleh tim desain, marketing hingga product manager sehingga perkembangan produk yang akan dibuat bisa diperkirakan dengan baik kedepannya.

Product roadmap sendiri merupakan ringkasan yang menggambarkan visi serta arah penawaran produk dari masa ke masa. Komponen yang berada di dalam product roadmap berguna untuk menggambarkan arah produk serta hal apa saja yang harus dilakukan sehingga nantinya tercipta produk yang dibutuhkan olen konsumen.

Umumnya, product manager nantinya menggunakan product roadmap ini untuk menjelaskan arah serta perkembangan prpduk pada seluruh tim. Di dalam product roadmap harus menunjukkan seperti apa ide kreatif serta strategi yang selaras dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Tips Membuat Product Roadmap

Begitu pentingnya product roadmap, tentu saja pembuatannya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Harus diakui bila membuat product roadmap merupakan sebuah tantangan tersendiri. Hal ini disebabkan karena banyak hal yang harus dimasukkan seperti alasan membuat produk, tujuan yang ingin dicapai hingga cara agar produk digemari konsumen.

Dengan berbagai macam fokus  tersebut, kamu sudah mulai melakukan perancangan product roadmap. Berikut berbagai tips yang bisa kamu lakukan agar bisa membuat product roadmap dengan baik, antara lain:

  1. Tentukan apa visi serta tujuan produk

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat product roadmap adalah menentukan visi serta tujuan dri pembuatan produk.

  1. Cari masalah yang dialami oleh konsumen

Tips membuat product roadmap yang lainnya adalah mencari masalah yang dialami oleh pengguna. Kamu harus menemukan apa saja hal yang menjadi kendala pengguna, untuk mencari kendala ini, kamu bisa melakukan sejumlah survei untuk mendukung rancanganmu.

  1. Sesuaikan dengan kondisi pasar yang ingin kamu tuju

Perlu diketahui, beda kondisi pasar tentu saja berbeda juga keinginan yang dimilikinya. Kamu harus dapat melihat perbedaan ini sehingga nantinya produk yang akan kamu luncurkan menjadi tepat sasaran.

Jika produk sudah sesuai, pencapaian target penjualan menjadi hal yang mudah dilakukan. Kamu bisa mendapatkan sejumlah keuntungan yang dapat dijadikan sebagai modal dalam meluncurkan produk baru.

  1. Ketahui keunggulan dari produkmu

Kamu harus bis amelihat seperti apa calon pelanggan melihat produkmu. Bisa jadi keunggulan yang dimiliki produkmu dari segi harga atau kemasan, kualitas hingga berbagai fitur yang dimiliki produkmu.

Sebuah produk tentu saja harus memiliki keunggulan tersendiri, bahkan keunggulan yang berbeda dibandingkan dengan produk lain. Ketika sedang merancang product roadmap, tidak ada salahnya kamu melihat produk yang dimiliki kompetitor kemudian cari tahu apa kekurangan yang dimiliki produk tersebut, dan jangan sampai kekurangan tersebut dimiliki produkmu.

  1. Kumpulkan feedback yang diberikan pengguna

Jika kamu sudah menemukan masalah yang dimiliki pengguna serta bisa mencari solusi dari masalah tersebut, kamu bisa menanyakan lagi pendapat calon pelanggan berkaitan dengan produk yang dirancang. Kumpulkan kembali feedback sebanyak mungkin sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan produk. Tips membuat product roadmap menjadi hal penting untuk diikuti. Sebelum meluncurkan sebuah produk, tidak ada salahnya kamu membuat roadmapnya terlebih dahulu sehingga bisa menghasilkan produk yang jauh lebih baik nantinya.