Tips Mudah Merawat Mobil Bekas Bagi Pemula

Bagi Anda yang baru membeli mobil bekas, tentu bingung bagaimana cara merawatnya dengan benar. Apalagi, komponen-komponen mobil yang perlu diperhatikan dan diperiksa sangatlah banyak dan terlebih karena mobil bekas maka kondisinya juga sudah tidak prima lagi. Perlu diingat, bahwa merawat mobil secara rutin bisa memperpanjang usia mobil dan meminimalisir kerusakan, baik yang ringan maupun fatal. Sehingga, Anda bisa menghemat lebih banyak biaya untuk perawatan mobil.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat bagian-bagian mobil

Perawatan Aki Mobil

Perawatan aki mobil. Tiga hal yang harus diperhatikan dalam merawat aki adalah : ketinggian air, tegangan dan kebersihan kutub-kutubnya. Pastikan air aki selalu berada di atas garis terendah dan di bawah garis tertinggi, tegangannya tetap di angka 12 volt dan kutub-kutub aki yang sering kotor karena reaksi kimia senantiasa dibersihkan.

Perawatan Oli Mesin

Perawatan oli mesin bisa bertahan hingga 5.000-10.000 km, tergantung rute yang dilalui. Apabila oli tidak diganti dalam waktu lama, akan ada banyak kotoran yang terlarut dan membuatnya tidak ideal untuk melumasi mesin.

Perawatan Radiator

Perawatan Radiator. Air radiator harus selalu penuh, jangan sampai kurang supaya fungsinya sebagai pendingin mesin bisa berjalan maksimal. Gunakanlah air yang bersih agar radiator awet dan tidak menimbulkan kerak.

Perawatan Ban Roda

Perawatan ban roda mobil harus dilakukan secara rutin, Anda perlu menjaga tekanan angin dan setelan kaki-kaki mobil yang tepat. Selain itu, hindari mengemudi dengan beban melebihi kemampuan ban, selalu bersihkan ban dan perhatikan keseimbangan mobil.

Perawatan Lampu-lampu.

Gunakan bohlam yang berkualitas supaya lampu mobil lebih baik dan tahan lama. Tapi, Anda harus menghindari lampu yang bisa menyerap daya aki, bahkan ketika mobil dalam keadaan mati. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kebocoran listrik pada mobil.

Perawatan Wiper Mobil.

Usahakan untuk mengganti karet wiper tiap 6 bulan sekali atau apabila musim hujan tiba supaya elastisitasnya tetap terjaga. Cek pula kualitas air washer, apabila kotor segera ganti dengan yang bersih. Keluarkan kotoran dan hal-hal lain yang menyumbat lubang nozel.

Perawatan bagian Mobil Lainnya

Selain merawat beberapa komponen penting pada mobil, Anda juga perlu memperhatikan cat mobil, kaca mobil, kabin, jok dan sebagainya. Selalu bawa peralatan mobil, seperti toolkit, dongkrak botol serta buku manual mobil setiap hendak melakukan perjalanan. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tak terduga di perjalanan, misalnya ban bocor, mobil mogok dan sebagainya.

Jangan biarkan mobil Anda tidak terawat. Selalu periksa keadaannya, bila perlu ke bengkel secara rutin. Pasti Anda tidak ingin jika suatu saat mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk memperbaiki kerusakan mobil.